5 Tips Memilih Plafon Gypsum yang Berkualitas

Ingin Membeli Gypsum? Simak Tipsnya Terlebih Dahulu Di Sini

Plafon gypsum seakan telah menjadi material wajib untuk interior rumah saat ini. Ada banyak desain yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan. Selain itu, merk dagang dari plafon ini pun telah menyediakan berbagai pilihan kualitas maupun corak. Sehingga tidak sedikit orang yang akan membelinya merasa kebingungan memilih produk yang tepat. Hal ini karena banyaknya tipe yang ditawarkan saat ini, membuat kita menjadi banyak pertimbangan.

Jika Anda salah satu tipe orang yang bingung memilih gypsum plafon, berikut kami bagikan 5 tips memilih gypsum berkualitas untuk kebutuhan interior rumah Anda:

1. Perhatikan Permukaan Gypsum

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah permukaan gypsum yang akan digunakan. Perhatikan dan sentuhlah gypsum yang akan Anda beli. Pastikan permukaannya halus, tidak memiliki pori-pori dan juga rata. Kualitas permukaan yang baik dapat membantu Anda untuk mempermudah finishing agar lebih bagus.

Kualitas gypsum dapat juga kita lihat secara visual. Anda bisa memperhatikannya pada setiap lembaran papan yang rata. Ukurannya berkisar 1,2 meter x 2,4 meter, selain itu ukurannya pun bisa kita customize sendiri.

 

2. Kualitas Gypsum Tidak Mudah Patah

Untuk mengetahui kekuatan gypsum, memang sedikit sulit. Karena kita tidak bisa mencoba untuk mematahkannya. Tapi jangan khawatir, Anda bisa mencobanya dengan cara mengangkat papan gypsum tersebut. Perhatikanlah, apakah plafon tersebut terasa rapuh, atau tampak solid. Jika tampak solid, maka kualitasnya sudah tidak perlu diragukan.

Tipe gypsum yang baik dapat kita lihat dari kekuatan dan kekakuannya. Plafon pun haruslah memiliki ketahanan yang baik dan tidak mudah rusak akibat benturan.

 

3. Memiliki Bobot yang Ringan

Salah satu kelebihan gypsum dari plafon lain adalah bobotnya yang ringan. Jadi, ketika Anda berencana membelinya, pastikanlah gypsum yang Anda beli memiliki bobot yang ringan. Bobotnya yang ringan dapat mempermudah pekerja dalam mengaplikasikannya. Dengan demikian, pemasangan tidak akan memakan waktu yang lama.

Gypsum yang ringan tentu baik untuk konstruksi dinding Anda. Dengan demikian, dinding konstruksi pada rumah Anda tidak akan menanggung beban plafon yang berat.

 

4. Standar Internasional

Gypsum ternyata jenis material yang juga memiliki standar internasional. Standarisasi ini tentu memberikan banyak manfaat bagi konsumen. Beberapa standar internasional yang dimiliki gypsum antara lain AS (Australian Standars), BS (British Standar) atau standar dari ASTM (American Society for Testing and Material).

Untuk memastikan model gypsum yang Anda beli memiliki standar tersebut, Anda bisa menanyakannya pada penjual. Selain itu, carilah informasi seputar merk yang akan Anda beli, apakah merk tersebut telah dilengkapi standarisasi tersebut atau belum.

 

5. Memilih Gypsum Sesuai dengan Interior Ruangan

Sebelum Anda membelinya, tentukan terlebih dahulu model atau desain yang sesuai dengan interior ruangan. Ada banyak model yang bisa Anda pilih, mulai dari plafon gypsum minimalis, bergaya elegan, klasik dan lainnya. Memadupadankan gypsum dengan interior, tentu akan meningkatkan nilai estetika pada ruangan rumah Anda.

Dalam desain interior, gypsum memiliki peran penting untuk mempertegas desain rumah Anda. Pilihlah corak dan juga warna yang sesuai dengan desain interior rumah. Jika Anda kurang berpengalaman, Anda bisa melakukan konsultasi pada orang yang ahli dalam bidangnya.

Itulah cara memilih plafon gypsum dari segi kualitas, baik itu kualitas material hingga desain. Dengan memilih kualitas terbaik, berarti kita sudah menginvestasikan uang kita untuk jangka panjang. Pilih juga jenis gypsum bermerk dengan standar internasional yang sudah tepercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *