Ini Dia Kekurangan dan Kelebihan Granit Lantai

Ketahui Berbagai Keunggulan dan Kekurangan Granit Lantai

Ada banyak pilihan bahan untuk lantai rumah. Salah satu yang sedang banyak diminati untuk digunakan sebagai lantai rumah adalah granit lantai. Ada banyak merk yang menjual lantai granit satu diantaranya adalah Roman granite dan beberapa merk lainnya. Lantai granit banyak dipilih karena kesan eksklusif yang ditonjolkan lantai ini.

Anda mungkin juga sedang mempertimbangkan untuk membeli lantai granit. Sebelum Anda memilih lantai granit untuk rumah Anda. Lebih baik pahami beberapa kelebihan dan kekurangan dari lantai granit. Berikut ini pembahasannya.

Kelebihan Lantai Granit

Lantai granit memiliki kekuatan yang lebih bagus dibandingkan bahan lantai lainnya. Bahkan untuk memotong granit dibutuhkan gerinda. Untuk memproduksi lantai granit, produk diproses dengan cara dipanaskan pada suhu lebih dari 1000 derajat celcius. Berbagai proses tersebut dapat menunjukkan pada Anda tentang daya tahan lantai granit.

Permukaan yang berkilau menjadi kelebihan lain dari lantai granit. Kilauan lantai ini sangat menawan dan memberi kesan yang sangat bersih pada rumah Anda. Kilauan dari lantai granit berasal dari proses pemolesan agar kilauan lantai granit dapat terpancar secara alami. Tingkat kilauan dari lantai granit jika diukur dengan gloss meter, mencapai 60-80.

Anda ragu membeli granit karena takut lantai tergores? Perkara ini sebenarnya tidak perlu Anda khawatirkan. Sebab, granit lantai tahan terhadap goresan. Sekalipun terjadi goresan hal tersebut tidak akan terjadi dengan mudah. Seandainya lantai granit tergores karena suatu hal, Anda dapat menghilangkan goresan tersebut dengan melakukan pemolesan menggunakan bahan tertentu.

Motif dari lantai ini juga sangat beragam. Anda dapat memilih granit motif kayu jika ingin menampilkan kesan alami dan klasik. Anda yang ingin kesan elegan dan modern, dapat memilih granit dengan warna gelap dengan motif yang lembut. Motif lantai granit sangat mudah untuk dipadukan dengan berbagai desain rumah maupun furnitur.

Granit tidak mudah terpengaruh cuaca. Ketahanan granit ini membuat banyak orang lebih memilih lantai granit untuk rumah mereka. Saat suhu panas, granit dapat memberikan kesejukan. Saat cuaca lembab karena hujan, lantai granit tidak akan berjamur. Sebab, lantai granit memang dibuat awet dan punya daya tahan yang sangat baik.

 

Kekurangan Lantai Granit

Harga granit memang lebih mahal jika dibandingkan dengan bahan lantai yang lain. Harga mahal sebenarnya hal yang wajar, sebab granit memiliki kualitas yang lebih baik daripada jenis lantai lainnya. Bagi Anda yang berniat membeli lantai granit, bersiaplah dengan anggaran yang lebih besar. Walaupun harga lantai granit lebih mahal, tetapi sebanding dengan kualitas dari granit. Jadi, pilihlah granit dengan bijak supaya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Perawatan granit lebih khusus dibandingkan dengan lantai jenis lainnya. Meski granit sangat kuat dan tidak mudah mengalami kerusakan. Akan tetapi granit perlu mendapat perawatan yang baik, supaya keindahannya tetap terjaga. Rutinlah melakukan pembersihan yang menyeluruh pada lantai granit Anda. Supaya bebas dari noda, debu, dan goresan. Setahun sekali Anda harus memoles granit dengan cairan kimia khusus agar kilauan granit tetap terjaga.

Warna lantai granit kebanyakan berasal dari warna alami batu alam. Oleh karena itu, ada kemungkinan warna dari potongan lantai granit yang satu dengan yang lainnya akan berbeda. Berbeda dengan lantai jenis lainnya yang biasanya punya warna yang lebih seragam.

Granit lantai merupakan primadona lantai rumah. Tampilannya yang berkesan elite, membuat rumah Anda kian mempesona. Lantai granit memiliki kelebihan berupa ketahanan, motif, tahan perubahan cuaca, dan lainnya. Sedangkan kekurangan dari lantai jenis ini adalah harga yang mahal, perawatan yang lebih rumit, dan warna yang kadang tidak seragam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *